Permintaan Maaf (Plato)

Plato dari Sekolah Athena oleh Raphael, 1509
Bagian dari seri pada:
Dialog-dialog Plato
Awal dialog:
Permintaan Maaf - Charmides - Crito
Euthyphro - Alcibiades Pertama
Hippias Mayor - Minor Hippias
Ion - Laches - lisis
Transisi & tengah dialog:
Cratylus - Euthydemus - Gorgias
Menexenus - Meno - Phaedo
Protagoras - Simposium
Kemudian tengah dialog:
Republik - Phaedrus
Parmenides - Theaetetus
Akhir dialog:
Clitophon - Timaeus - Critias
Sophis - Statesman
Philebus - Hukum
Keaslian meragukan:
Axiochus - Demodocus
Epinomis - Surat-surat - Eryxias
Halcyon - Hipparchus - Minos
Pada Keadilan - Pada Kebajikan
Saingan Lovers - Alcibiades Kedua
Sisifus - Theages
Kotak ini: view · bicara · mengedit

Permintaan Maaf dari Socrates adalah Plato 's versi dari pidato yang diberikan oleh Socrates saat ia gagal membela dirinya pada 399 SM [1] melawan tuduhan "merusak kaum muda, dan dengan tidak percaya kepada dewa-dewa di kota yang percaya, tetapi dalam lainnya daimonia yang baru "(24b). "Permintaan Maaf" di sini memiliki arti yang sebelumnya (sekarang biasanya dinyatakan oleh kata " apologia ") berbicara dalam membela menyebabkan atau keyakinan seseorang atau tindakan (dari Yunani απολογία).

Isi

[hide]

[ sunting ]Teks

Xenophon , yang menulis sendiri Socrates Apologi , menunjukkan bahwa sejumlah penulis telah dipublikasikan account pertahanan Sokrates. Menurut seorang ilmuwan terkemuka, "Menulis dirancang untuk membersihkan nama Sokrates tidak diragukan lagi fitur tertentu dekade atau sehingga berikut 399 SM". [2] Banyak sarjana menduga bahwa Apology Plato adalah salah satu yang pertama, jika tidak pertama, dialog Plato menulis, meskipun ada sedikit jika ada bukti kuat.[3] Permintaan maaf Plato sering dianggap sebagai sumber yang paling dapat diandalkan informasi tentang Socrates sejarah. [4]

Kecuali untuk dua pertukaran singkat dengan Meletus (di 24d-25d dan 26b-27d), di mana monolog menjadi dialog, teks ditulis dalam orang pertama dari Sokrates sudut pandang, seolah-olah Sokrates pidato yang sebenarnya pada pengadilan. Selama pidato, Sokrates dua kali menyebutkan Plato sebagai hadir (di 34a dan 38b). Ada, bagaimanapun, tidak ada cara nyata untuk mengetahui seberapa dekat kata Sokrates dalam Apology pertandingan mereka Socrates di pengadilan sesungguhnya, bahkan jika itu adalah niat Plato akurat dalam hal ini. Salah satu kritik kontemporerPermintaan Maaf Plato mungkin tersirat oleh paragraf pembukaan Permintaan Maaf Xenophon, dengan asumsi bahwa mantan antedated yang terakhir; Xenophon menyatakan bahwa penulis sebelumnya telah gagal untuk membuat jelas alasan untuk berbicara sombong Sokrates(megalēgoria) dalam menghadapi hukuman mati. Rekening Xenophon tidak setuju dalam beberapa hal lain dengan rincian Apology Plato, tapi ia tempat eksplisit mengklaim tidak akurat.[ kutipan diperlukan ]

[ sunting ]Pendahuluan

Permintaan Maaf dimulai dengan Socrates mengatakan bahwa dia tidak tahu apakah orang-orang Atena (jurinya) telah dibujuk oleh penuduhnya. Kalimat pertama adalah penting untuk tema seluruh pidato. Memang, dalam Apology Sokrates akan menunjukkan bahwa filsafat dimulai dengan pengakuan yang tulus kebodohan; ia kemudian menjelaskan ini, secara dramatis menyatakan bahwa apa pun kebijaksanaan dia telah, datang dari pengetahuan bahwa ia tahu apa-apa (23b, 29b).

Meniru Socrates, parodi dan bahkan mengoreksi orator dengan meminta juri untuk menilai dia tidak dengan keterampilan bicaranya, tetapi dengan kebenaran (lih. Lysias XIX 1,2,3, Isaeus X 1, Isocrates XV 79, Aeschines II 24). Socrates mengatakan ia tidak akan menggunakan kata-kata hiasan dan frase yang diatur dengan cermat, tapi akan berbicara dengan menggunakan ekspresi yang datang ke kepalanya. Dia mengatakan dia akan menggunakan cara yang sama berbicara bahwa ia mendengar menggunakan di agora dan tabel uang. Meskipun penolakan itu, Sokrates terbukti menjadi orator guru yang tidak hanya fasih dan persuasif, tapi bahkan bijaksana. Ini adalah bagaimana ia mengoreksi orator, menunjukkan apa yang harus mereka telah melakukan semua bersama, berbicara kebenaran persuasif dengan kebijaksanaan. Pidato tidak berhasil memenangkan pembebasan dirinya. Sokrates dihukum mati.

[ sunting ]penuduh Sokrates

Tiga orang yang membawa tuduhan terhadap Socrates adalah:

  • Anytus , anak seorang Anthemion Athena menonjol,. Socrates mengatakan Anytus bergabung penuntutan karena ia "kesal atas nama pengrajin dan politisi" (23E-24a). Anytus membuat sebuah penampilan cameo penting dalam Meno . Anytus muncul tiba-tiba sementara Socrates dan Meno (pengunjung ke Athena) sedang membahas akuisisi kebajikan. Setelah mengambil posisi bahwa kebajikan tidak dapat diajarkan, Socrates mengemukakan sebagai bukti untuk ini yang banyak tokoh terkemuka Athena telah menghasilkan anak laki-laki lebih rendah daripada diri mereka sendiri. Sokrates mengatakan ini, dan kemudian hasil untuk nama nama, termasuk Pericles danThucydides . Anytus menjadi sangat tersinggung, dan memperingatkan bahwa menjalankan Socrates orang di bawah ("kakos legein") bisa dia ke suatu masalah (Meno 94e-95a).

Plutarch memberikan beberapa informasi yang mungkin bisa membantu kita menyadari alasan sebenarnya di balik kekhawatiran Anytus '.Dia mengatakan bahwa Anytus ingin berteman dengan Alcibiades tapi dia lebih suka dengan Socrates. Dan juga kita mendengar bahwa anak Anytus 'memiliki hubungan seksual dengan Socrates-yang merupakan hubungan yang diterima antara guru dan murid di Athena klasik.

  • Meletus , penuduh hanya untuk berbicara selama pertahanan Sokrates. Socrates mengatakan Meletus bergabung penuntutan karena ia "kesal atas nama penyair" (23E). Dia disebutkan di lain dialog, Euthyphro , tetapi tidak muncul secara pribadi. Socrates mengatakan bahwa ada Meletus adalah diketahui muda dengan hook-hidung . Dalam Apology, Meletus memungkinkan dirinya untuk diperiksa silang oleh Sokrates dan tersandung ke dalam perangkap. Rupanya tidak memperhatikan biaya yang sangat dia membawa, dia menuduh Sokrates baik ateisme dan percaya setengah dewa.
  • Lycon, tentang siapa, menurut salah satu sarjana, "kita tahu apa-apa kecuali bahwa dia adalah juru bicara dari profesional ahli retorika . "[5] Socrates mengatakan Lycon bergabung penuntutan karena ia "kesal atas nama ahli retorika" (24a). Beberapa sarjana, seperti Debra Kuku, mengidentifikasi Lycon sebagai bapak Autolycus, yang muncul di Xenophon Simposium 2.4ff. Kuku juga mengidentifikasi penuntut Sokrates dengan Lycon yang adalah gagang lelucon di Aristophanes dan menjadi seorang politisi demokratis yang sukses setelah jatuhnya Empat Ratus, ia menunjukkan bahwa ia mungkin telah bergabung dalam penuntutan karena ia terkait Socrates dengan Tiga puluh Tiran, yang telah dieksekusi anaknya, Autolycus. [6] yang lain, bagaimanapun, pertanyaan identifikasi penuntut Sokrates dengan ayah Autolycus; Yohanes Burnet ., misalnya, klaim itu "sangat tidak mungkin" [7]

[ sunting ]Tuduhan terhadap Sokrates

Socrates mengatakan bahwa ia telah menyangkal dua set tuduhan: Socrates didakwa dengan tidak hormat terhadap dewa-dewa dan korupsi pemuda. Dia percaya pada dewa-dewa, tetapi juga mempertanyakan kemampuan mereka.

Socrates mengatakan bahwa tuduhan-tuduhan lama berasal dari tahun gosip dan prasangka terhadap dirinya dan oleh karena itu sulit untuk alamat. Ini disebut Sokrates biaya informal 'menempatkan ke dalam gaya tuduhan hukum formal: "Socrates adalah melakukan ketidakadilan, bahwa dia bertanya ke hal-hal di bawah bumi dan di langit, dan membuat argumen lemah kuat, dan mengajar orang lain untuk mengikuti teladan-Nya "(19b-c). Dia mengatakan bahwa tuduhan yang berulang dalam penyair komik tertentu, yaitu Aristophanes . Dalam dramanya,Awan , Aristophanes lampooned Sokrates dengan menghadirkan dia sebagai paradigma ateistik , ilmiah menyesatkan . Namun tidak mungkin bahwa Aristophanes akan dimaksudkan biaya ini dianggap serius, sejak Plato dan Socrates menggambarkan Aristophanes sebagai pada istilah yang sangat baik dengan satu sama lain dalam Simposium .

Socrates mengatakan bahwa ia tidak mungkin keliru untuk sofis karena mereka bijaksana (atau setidaknya dianggap) dan dibayar tinggi. Dia bilang dia miskin dan mengklaim tahu apa-apa yang mulia dan baik.

[ sunting ]Dialog

Permintaan Maaf dapat dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah pertahanan sendiri Sokrates dirinya sendiri dan termasuk bagian yang paling terkenal dari teks, yaitu menceritakan tentang Oracle di Delphi dan silang-nya pemeriksaan Meletus. Bagian kedua adalah putusan, dan bagian ketiga adalah hukuman dijatuhkan.

[ sunting ]Bagian satu

Sokrates mulai dengan mengatakan kepada hakim bahwa pikiran mereka diracun oleh musuh-musuhnya ketika mereka masih muda dan mudah dipengaruhi. Dia mengatakan reputasi untuk menyesatkan datang dari musuh-musuhnya, yang semuanya iri padanya, dan berbahaya. Dia mengatakan mereka harus tetap tanpa nama, kecuali untuk Aristophanes, penyair komik. Dia kemudian menjawab tuduhan bahwa ia telah rusak kaum muda dengan menyatakan bahwa korupsi yang disengaja adalah ide yang koheren. Socrates mengatakan bahwa semua tuduhan palsu dimulai dengan ketaatan kepada peramal di Delphi. Dia menceritakan bagaimana Chaerephon pergi ke Oracle di Delphi, untuk bertanya apakah ada yang lebih bijaksana daripada Socrates. Ketika Chaerephon melaporkan kepada Socrates bahwa dewa mengatakan kepadanya tidak ada yang bijaksana, Socrates mengambil ini sebagai teka-teki. Dia sendiri tahu bahwa ia tidak memiliki kebijaksanaan "besar atau kecil" tetapi ia juga tahu bahwa hal itu bertentangan dengan sifat para dewa untuk berbohong.

Socrates kemudian melanjutkan "misi ilahi" untuk memecahkan paradoks (bahwa seorang pria yang bodoh juga bisa menjadi paling bijaksana dari semua orang) dan untuk memperjelas makna kata-kata Oracles '. Dia diinterogasi sistematis para politisi, penyair dan pengrajin. Socrates ditentukan bahwa politisi penipu, dan penyair tidak mengerti bahkan puisi mereka sendiri, seperti para nabi dan pelihat yang tidak mengerti apa yang mereka katakan. Pengrajin terbukti terlalu sok, dan Socrates mengatakan bahwa ia melihat dirinya sebagai juru bicara untuk oracle (23E). Dia bertanya pada dirinya sendiri apakah ia lebih suka menjadi penipu seperti orang-orang yang berbicara dengan, atau menjadi dirinya sendiri. Socrates mengatakan kepada juri bahwa dia lebih suka menjadi dirinya sendiri daripada orang lain.

Socrates mengatakan bahwa mempertanyakan ini membuatnya mendapatkan reputasi menjadi cawe-cawe menjengkelkan. Socrates menafsirkan misi hidupnya sebagai bukti bahwa kebijaksanaan sejati milik dewa dan bahwa hikmat manusia dan prestasi memiliki nilai sedikit atau tidak ada. Setelah membahas penyebab prasangka terhadap dia, Socrates kemudian menangani tuduhan resmi, korupsi dari muda dan ateisme.

Langkah pertama Sokrates adalah untuk menuduh penuduhnya, Meletus (yang namanya berarti harfiah, "orang yang peduli," atau "peduli") tidak peduli tentang hal-hal yang mengaku peduli. Dia berpendapat selama interogasi dari Meletus bahwa tidak ada yang sengaja akan merusak orang lain (karena mereka berdiri untuk dirugikan oleh dia di kemudian hari). Isu korupsi adalah penting untuk dua alasan: pertama, tampaknya menjadi jantung dari tuduhan terhadap dirinya, bahwa ia rusak kaum muda dengan mengajar beberapa versi ateisme, dan kedua, Socrates mengatakan bahwa jika dia bersalah, maka akan karena Aristophanes meracuni pikiran para pendengarnya ketika mereka masih muda (dengan ejekan dagelan tentang Socrates di dramanya, "Awan", diproduksi sekitar dua puluh empat tahun sebelumnya).

Socrates kemudian mulai berurusan dengan tuduhan kedua, bahwa ia adalah seorang ateis. Dia memeriksa silang Meletus, dan ekstrak kontradiksi. Dia mendapat Meletus mengatakan bahwa Socrates adalah seorang ateis yang percaya pada instansi spiritual dan demigods.Socrates mengumumkan bahwa ia telah tertangkap Meletus dalam kontradiksi, dan meminta pengadilan apakah Meletus telah merancang tes kecerdasan baginya untuk melihat apakah ia dapat mengidentifikasi kontradiksi logis.

Socrates mengulangi klaimnya bahwa tidak akan biaya resmi yang akan menghancurkannya, melainkan gosip merugikan dan fitnah. Dia tidak takut mati, karena dia lebih peduli tentang apakah ia bertindak benar atau salah. Selanjutnya, Socrates berpendapat, orang-orang yang takut mati menunjukkan ketidaktahuan mereka: kematian mungkin berkat yang besar, tetapi banyak orang takut itu sebagai kejahatan ketika mereka tidak mungkin tahu untuk menjadi seperti itu. Sekali lagi Socrates menunjukkan bahwa kebijaksanaan-Nya terletak pada kenyataan bahwa ia menyadari bahwa ia tidak tahu.

Sokrates dengan jelas menyatakan bahwa seorang atasan yang sah, apakah manusia atau ilahi, harus ditaati. Jika ada bentrokan antara dua, bagaimanapun, otoritas ilahi harus didahulukan. "Saudara-saudara, aku hamba-Mu bersyukur dan setia, tapi saya berutang ketaatan kepada Allah lebih besar daripada kamu, dan selama aku menarik napas dan memiliki fakultas saya tidak akan pernah berhenti berlatih filsafat". Sejak Socrates telah menafsirkan Oracle Delphi sebagai singling keluar untuk memacu Athena sesama untuk kesadaran yang lebih besar dari kebaikan moral dan kebenaran, ia tidak akan berhenti bertanya dan berdebat harus orang-orang melarang dia untuk melakukannya, bahkan jika mereka adalah untuk menarik biaya . Ia tak akan berhenti bertanya sesama warga. "Apakah Anda tidak malu bahwa Anda memberikan perhatian Anda untuk memperoleh uang sebanyak mungkin, dan sama dengan reputasi dan kehormatan, dan memberikan perhatian atau berpikir untuk kebenaran dan pemahaman dan kesempurnaan jiwa Anda?"

Dalam bagian yang sangat peradangan Apology, Socrates mengklaim bahwa tidak ada yang lebih baik telah terjadi ke Athena dari perhatiannya terhadap sesama warga, kekayaan yang merupakan konsekuensi dari kebaikan (dan bukan sebaliknya), bahwa Allah tidak mengizinkan lebih baik manusia untuk dirugikan oleh lebih buruk, dan bahwa, dalam pernyataan terkuat yang memberikan tugas, ia adalah pengganggu menyengat dan negara kuda malas, "dan sepanjang hari Aku tidak akan pernah berhenti untuk menetap di sini, di sana dan di mana-mana, meriah, membujuk dan menegur kalian semua. "

Sebagai bukti lebih lanjut dari tugasnya, Socrates mengingatkan pengadilan daimon yang ia lihat sebagai sebuah pengalaman supranatural.Ia mengakui ini sebagai sebagian balik tuduhan percaya makhluk diciptakan. Sekali lagi Sokrates tidak membuat konsesi untuk situasinya.

Socrates mengklaim tidak pernah menjadi guru, dalam arti menyampaikan pengetahuan kepada orang lain. Dia karenanya tidak dapat bertanggung jawab jika setiap warga negara berubah buruk. Jika ia telah rusak siapa pun, mengapa mereka tidak datang ke depan untuk menjadi saksi? Atau jika mereka tidak menyadari bahwa mereka telah rusak, mengapa memiliki kerabat mereka tidak melangkah maju atas nama mereka? Banyak kerabat laki-laki muda yang terkait dengan dia, Socrates menunjukkan, saat ini di ruang sidang untuk mendukung dia.

Sokrates menyimpulkan ini bagian dari Apology dengan mengingatkan para hakim bahwa ia tidak akan resor untuk trik emotif biasa dan argumen. Dia tidak akan memecah menangis, ia tak akan menghasilkan tiga anaknya dengan harapan bergoyang hakim. Dia tidak takut mati, dan ia tak akan bertindak dengan cara yang bertentangan dengan kewajiban agamanya. Dia akan hanya mengandalkan argumen suara dan kebenaran untuk menyajikan kasusnya.

[ sunting ]Vonis

Socrates adalah memilih bersalah dengan selisih yang sempit (36a). Plato tidak pernah memberikan jumlah hakim Sokrates maupun jumlah pasti suara terhadap dia dan bagi pembebasan-Nya, [8] Meskipun Sokrates tidak mengatakan bahwa jika hanya 30 lebih telah memilih mendukung Nya maka dia akan dibebaskan. Banyak sarjana menganggap jumlah hakim adalah 281-220 dan dijatuhi hukuman mati oleh suara 161-140. [9]

[ sunting ]Bagian Kedua

Itu adalah tradisi yang penuntutan dan terdakwa masing-masing mengusulkan penalti, dari mana pengadilan akan memilih. Pada bagian ini, Socrates antagonises pengadilan lebih jauh ketika mempertimbangkan usulnya.

Dia menunjukkan bahwa pemungutan suara itu relatif dekat: ia hanya membutuhkan suara 30 lebih untuk dirinya sendiri, dan ia akan ditemukan bersalah. Dia terlibat dalam beberapa humor gelap dengan menyarankan bahwa Meletus lolos denda karena tidak memenuhi hukum seperlima dari suara (untuk menghindari kasus sembrono datang ke pengadilan, penggugat didenda berat jika suara para hakim 'tidak mencapai angka ini dalam kasus di mana terdakwa menang). Dengan asumsi ada 501 atau 500 jurymen, penuntut harus mendapatkan setidaknya 100 suara hakim '. Diambil dengan sendirinya namun suara Meletus '(mewakili sepertiga dari kasus penuntutan) akan berjumlah hanya 93 atau 94 (dengan asumsi 501 atau 500 hakim total). Terlepas dari jumlah penggugat, itu kasus mereka yang telah mencapai seperlima diperlukan. Tidak hanya itu, jaksa telah menang.

'Diusulkan' Sokrates penalti 'adalah apa yang paling marah para hakim: sebagai dermawan ke Athena, makanan gratis di Prytaneum , salah satu bangunan penting yang bertempat anggota Dewan. Ini merupakan suatu kehormatan disediakan untuk atlet dan warga negara terkemuka lainnya.

Akhirnya Sokrates menganggap penjara dan pembuangan sebelum menetap di denda 100 dirham , karena ia memiliki dana kecil sendiri yang ia bisa membayar denda. Ini adalah jumlah yang kecil ketika ditimbang dengan hukuman yang diajukan oleh jaksa dan mendorong hakim untuk memilih hukuman mati. Pendukung Sokrates segera meningkat jumlahnya menjadi 3.000 dirham, tetapi di mata para hakim ini masih belum alternatif.

Jadi hakim memutuskan hukuman mati.

[ sunting ]Bagian tiga

Plato menunjukkan bahwa mayoritas hakim memilih mendukung hukuman mati (Apology 38C), tapi dia tidak menunjukkan persis berapa banyak lakukan. Satunya sumber kami untuk jumlah yang sebenarnya dari suara ini adalah Diogenes Laertius, yang mengatakan bahwa 80 lebih memilih hukuman mati daripada yang memilih rasa bersalah Sokrates di tempat pertama (2.42), tetapi rincian akun ini telah diperdebatkan. [ 10] Yang lain telah menyimpulkan dari hal ini bahwa pidato Socrates marah juri. [11]

Socrates sekarang menanggapi putusan. Dia pertama kali alamat mereka yang memilih untuk mati.

Dia mengklaim bahwa itu adalah bukan kurangnya argumen yang mengakibatkan dalam kutukannya, melainkan kurangnya waktu dan keengganan untuk membungkuk ke banding emotif yang biasa diharapkan dari setiap terdakwa menghadapi kematian. Sekali lagi ia menegaskan bahwa prospek kematian tidak membebaskan satu dari mengikuti jalan kebaikan dan kebenaran.

Socrates bernubuat bahwa kritikus muda dan lebih keras akan mengikutinya menjengkelkan mereka bahkan lebih. (39d)

Bagi mereka yang memilih untuk pembebasan itu, Sokrates memberi mereka dorongan: Dia mengatakan bahwa daimon itu tidak menghentikannya dari melakukan pembelaan dengan cara yang dia lakukan, bahwa ini adalah tanda bahwa itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Dengan cara ini, daimon itu bahkan mengatakan kepadanya bahwa kematian harus menjadi berkat. Untuk baik itu adalah pemusnahan (sehingga membawa kedamaian abadi dari semua kekhawatiran, dan karena itu bukan sesuatu yang benar-benar takut) atau migrasi ke tempat lain untuk bertemu jiwa-jiwa orang-orang terkenal seperti Hesiod dan Homer , dan pahlawan seperti Odiseus . Dengan ini, itu akan menjadi sukacita untuk melanjutkan praktek dialog Socrates.

Socrates Apologi menyimpulkan dengan klaim bahwa ia tidak menanggung dendam terhadap mereka yang dituduh dan mengutuk dirinya, dan meminta mereka untuk merawat anak tiga saat mereka tumbuh dewasa, memastikan bahwa mereka menaruh kebaikan sebelum kepentingan egois.

[ sunting ]Mode penafsiran

Tiga metode yang berbeda untuk menafsirkan Apology telah sering disarankan. Yang pertama, bahwa itu dimaksudkan untuk semata-mata sepotong seni , tidak banyak diadakan. [ kutipan diperlukan ]

Kemungkinan kedua adalah bahwa Apology adalah sejarah menceritakan pertahanan yang sebenarnya dibuat oleh Socrates 399 SM . Hal ini tampaknya menjadi pendapat tertua. Pendukungnya berpendapat bahwa, sebagai salah satu karya Plato yang paling awal, tidak akan pas untuk memperindah dan fictionalise memori mentornya, terutama ketika begitu banyak yang ingat dia masih hidup. [ kutipan diperlukan ]

Pada 1741, Johann Jakob Brucker adalah yang pertama menunjukkan bahwa Plato tidak bisa dipercaya sebagai sumber tentang Socrates.Sejak saat itu, lebih banyak bukti telah dibawa ke cahaya mendukung teori bahwa permintaan maaf tidak account historis tetapi sebuah karya filsafat. [ kutipan diperlukan ]

[ sunting ]Catatan

  1. ^ "Socrates , "Stanford Encyclopedia of Philosophy, 16 September 2005. Lihat juga Doug Lindner, " Pengadilan Socrates , "Univ. Missouri-Kansas City Law School 2002.
  2. ^ M. Schofield (1998, 2002), "Plato", dalam E. Craig (ed.), Routledge Encyclopedia of Philosophy, diambil dari 2008/07/23 rep.routledge.com
  3. ^ hlm 71-72, WKC Guthrie , A History of Filsafat Yunani, vol. 4, Cambridge 1975; hal 46, C. Kahn, Plato dan Dialog Socrates, Cambridge 1996.
  4. ^ T. Brickhouse & N. Smith, "Plato" , The Encyclopedia of Philosophy internet.
  5. ^ h. xxvi, J. Adam , Platonis Apologia Socratis, Cambridge University Press 1916.
  6. ^ Debra Kuku, Rakyat Plato (Indianapolis: Hackett Publishing Co, 2002), 188-9.
  7. ^ h. 151, Plato Euthyprho, Socrates Apologi, dan Crito, Clarendon (1924). J. Adam mengklaim menunjukkan kesepakatan dengan Burnet.Lihat hlm lanjut 29, T. & N. Brickhouse Smith, Socrates di Pengadilan, Princeton University Press 1989.
  8. ^ hlm 150-151, John Burnet , Plato Euthyprho, Socrates Apologi, dan Crito, Clarendon 1924; hal 26, T. & N. Brickhouse Smith, Socrates di Pengadilan, Princeton 1989. Diogenes Laertius tidak memberikan jumlah hakim, bahkan, tidak hanya memiliki account Diogenes '(2.41) telah diperdebatkan, tapi ulama yang berbeda menafsirkan teks-nya berbeda (lihat Burnet, ibid.). Menurut salah satu membaca, Diogenes kata (tanpa mengutip sumber) bahwa Socrates dikutuk oleh 281 suara "lebih dari orang-orang untuk pembebasan", ini, sebagai Burnet catatan, konflik dengan 36a Apology Plato, karena Plato Socrates mengatakan bahwa jika hanya 30 lebih memiliki memilih mendukung, dia akan memenangkan pembebasan.
  9. ^ Lihat sumber yang dikutip oleh Brickhouse & Smith, Socrates di Pengadilan, hal 26.
  10. ^ hlm 230-231, T. & N. Brickhouse Smith, Socrates di Pengadilan, Princeton 1989.
  11. ^ Douglas M. MacDowell, Hukum di Klasik Athena (Ithaca, NY: Cornell University Press, 1978), 253.

"Sejak saat itu lebih banyak bukti telah dibawa ke cahaya mendukung teori bahwa permintaan maaf tidak account historis tetapi sebuah karya filosofis inkonsistensi yang tampak kembali. Gagasan ini. (Misalnya, akan masuk akal untuk meminta nubuat dari Delphi jika ada lebih bijaksana daripada Socrates Socrates jika sebelumnya tidak dibahas dalam masalah filsafat -. bertentangan dengan cerita sendiri Sokrates) "Ini tidak akurat, Sokrates sendiri tidak meminta oracle tentang kebijaksanaan, tetapi mendengar tentang hal itu dari seorang teman yang mengunjungi oracle .

[ sunting ]Bacaan lebih lanjut

  • Allen, Reginald E. (1980). Socrates dan Kewajiban Hukum. Minneapolis: University of Minnesota Press.
  • Brickhouse, Thomas C. (1989) Socrates di Pengadilan.. Princeton: Princeton University Press.
  • Brickhouse, Thomas C.;. Smith, Nicholas D. (2004) Buku Panduan Routledge Filsafat Plato dan Pengadilan Socrates. New York: Routledge.
  • Cameron, Alister (1978) Affair Plato. Dengan Tragedi. Cincinnati: Universitas Cincinnati.
  • Compton, Todd, "Pengadilan dari satiris ini: Puitis Vitae (Aesop, Archilochus, Homer) sebagai Latar Belakang untuk Apologia Plato" ,The American Journal of Filologi, Vol. 111, No 3 (Autumn, 1990), hlm 330-347, The Johns Hopkins University Press
  • Fagan, Patricia;. Russon, John (2009) memeriksa kembali Socrates di Apology. Evanston: Northwestern University Press.
  • Hackforth (1933) Komposisi Permintaan Maaf Plato.. Cambridge: Cambridge University Press.
  • Reeve, CDC (1989) Socrates dalam Apology.. Indianapolis: Hackett.
  • West, Thomas G. (1979) Permintaan Maaf Plato. Socrates. Ithaca: Cornell University Press.

[ sunting ]Lihat juga

[ sunting ]Pranala luar

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post